Hubungan Kemampuan Literasi Digital dan Kemandirian Siswa dengan Hasil Belajar Matematika di SDN Cimahpar 05 Kota Bogor

 Abstract views: 78

Authors

  • Avifah Nur Afianti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda Bogor, Bogor, Indonesia
  • Rasmitadila Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda Bogor, Bogor, Indonesia
  • Iyon Muhdiyati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda Bogor, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v75i1.7176

Keywords:

Kemampuan literasi digital, kemandirian siswa, hasil belajar

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan guna mengetahui hubungan antara kemampuan literasi digital dan kemandirian siswa dengan hasil belajar matematika di SDN Cimahpar 05 Kota Bogor pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN Cimahpar 05 yang berjumlah 69 siswa.  Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus Korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan diperoleh nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000. Hasil perhitungan data yang diperoleh, diketahui nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,00 kurang dari 0,05) maka dapat disimpulkan bahwasannya kemampuan literasi digital dan kemandirian siswa dengan hasil belajar berkorelasi atau memiliki hubungan dengan interpretasi nilai 0,785 yang termasuk dalam tingkat hubungan yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-02