Hubungan Antara Bimbingan Orang Tua dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19

 Abstract views: 121

Authors

  • Meliana Utami Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Rasmitadila Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Zahra Fitrah Rajagukguk Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda, Bogor, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v75i2.7177

Keywords:

Bimbingan orang tua, tanggung jawab, belajar, pandemic, covid-19

Abstract

Peran penting yang dilakukan oleh orang tua berupa bimbingan belajar kepada anaknya yang memiliki tujuan dalam meningkatkan rasa tanggung jawab belajar selama pembelajaran berlangsung sangat diperlukan karena adanya kebijakan yang ditetapkan pemerintah tentang pembelajaran yang dilaksanakan siswa di rumah pada masa pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia.  Penelitian ini memiliki tujuan dimana mencari ada atau tidak hubungan antara bimbingan orang tua dengan tanggung jawab belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19. Teknik yang dilakukan yaitu teknik statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik Probability Sampling yang dimana sampel diambil dari 244 siswa di SDN Cibeureum 01 dengan menggunakan metode penyebaran angket. Instrumen yang diuji menggunakan uji validitas dengan digunakannya rumus Product Moment serta uji Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian yang dilaksanakan diketahui   dalam membimbingan anak seperti, membimbing anak dalam menyelesaikan masalah, membimbing anak dalam bergaul dengan lingkungan tempat tinggal, membimbing anak dalam belajar membimbing anak dalam menentukan masa depan serta membina hubungan baik dengan sekolah memiliki hubungan dengan tanggung jawab belajar siswa selama masa Pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-02