Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis Tipe HOTS dan Motivasi Belajar Siswa MA Amanatul Ummah Mojokerto

DOI:
https://doi.org/10.36456/wahana.v75i1.7210
Keywords:
HOTS, Motivasi Belajar, Problem Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji dan membuktikan: 1) perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematis tipe HOTS antara kelas yang menerapkan model PBL dengan model pembelajaran konvensional/langsung; 2) perbedaan motivasi belajar matematika antara kelas yang menerapkan model PBL dengan model pembelajaran konvensional/langsung pada siswa kelas X - MIA Madrasah Aliyah Amanatul Ummah Mojokerto. Kontribusi dalam bidang pembelajaran matematika dapat dijadikan dasar acuan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih baik yang dapat mengembangkan kemampuan memecahkan soal HOTS dan motivasi belajar siswa. Pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan quasy-eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasinya seluruh siswa kelas X MIA yang bukan kelas olimpiade melainkan kelas non olimpiade (regular). Sampel penelitian diambil dua kelas yang mempunyai kemampuan awal sama, dijadikan sebagai kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung dan kelas model PBL. Metode pengumpulan data berupa angket motivasi dan tes. Variabel bebas yaitu model PBL dan model pembelajaran langsung, variabel terikat yaitu kemampuan memecahkan masalah matematis tipe HOTS dan motivasi belajar. Metode analisis data dengan uji t (two independent sample t test). Hasil penelitian: 1) Terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematis tipe HOTS yang sangat signifikan antara kelas yang menerapkan model PBL dengan model pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan model PBL dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas X - MIA MA Amanatul Ummah Mojokerto.