Pengembangan Aplikasi Teka-Teki Silang (TTS) Sebagai Alternatif Pembelajaran PPKn Kelas IX Pada Materi Lembaga-Lembaga Negara

 Abstract views: 445

Authors

  • Pandu Rudy Widyatama PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Aldila Novitasari PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Agnes Sandri Diana Selek PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Abil Wafa Almaulana PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Reza Nur Alfiani Agustin PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Siti Mahluk Attus Sholihak PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Mia Fitria Nisa'Q PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Natasha Bilqies Andriyani PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Patrisia Karmenita Ngene PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Suyono PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/p.v2i1.5457

Keywords:

Aplikasi Teka-Teki Silang (TTS), Alternatif Pembelajaran PPKn, Lembaga-Lembaga Negara

Abstract

Pendidikan sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan terus dilakukan karena kemajuan zaman yang membuat pendidik harus bisa lebih inovatif dan kreatif dalam menerapkan pembelajaran kepada para peserta didiknya. Peserta didik yang mudah bosan dan enggan untuk mau belajar membuat para pendidik harus bisa memutar otaknya untuk mampu mengolaborasikan pembelajaran dengan permainan agar nantinya suasana kelas menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Oleh karena itu, dilakukannya penelitian ini yang bertujuan dalam mengembangkan aplikasi teka-teki silang (TTS) sebagai alternatif pembelajaran PPKn kelas IX pada materi lembaga-lembaga negara yang mana mampu menghasilkan sarana belajar interaktif berbasis teknologi bagi para peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dalam bidang kependidikan. Dalam penelitian pengembangan aplikasi teka-teki silang (TTS) melewati beberapa tahapan, meliputi: tahap perencanaan, tahap percobaan, tahap pengembangan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, tahap penyempurnaan, dan tahap penyelesaian. Pendidik sekarang ini bisa memanfaatkan sarana teknologi sebagai salah satu dari alat pembuat permainan pembelajaran yang mudah dan juga cepat tanpa harus belajar coding yang memerlukan banyak waktu dan biaya. Sehingga dengan adanya pengembangan aplikasi teka-teki silang (TTS) ini mampu meningkatkan kegemaran belajar PPKn pada siswa SMP kelas IX untuk bisa lebih memahami materi lembaga-lembaga negara di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pandu Rudy Widyatama, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Aldila Novitasari, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Agnes Sandri Diana Selek, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Abil Wafa Almaulana, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Reza Nur Alfiani Agustin, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Siti Mahluk Attus Sholihak, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Mia Fitria Nisa'Q, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Natasha Bilqies Andriyani, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Patrisia Karmenita Ngene, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Suyono, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Dosen

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan untuk tingkat SMP/MTs kelas IX. Diakses pada tanggal 09 April 2022 dari http://smpn6tp.sch.id/wp-content/uploads/2021/07/PPKN-Kelas-9.pdf

Muhtarom, Nizarudin, & Sugiyanti. (2016). Pengembangan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 5 (1): 20-31.

Rusman. (2018). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru (Edisi Kedua). Depok, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Diakses pada tanggal 08 April 2022 dari https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf

Utami, N. S. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran game edukatif teka-teki silang akuntansi berbasis android sebagai upaya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X akuntansi 2 SMK negeri 2 Magelang tahun ajaran 2017/2018 (Skripsi). Diakses dari data skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Wasgito, M. A. (2014). Pengembangan media permainan edukatif teka-teki silang (TTS) dalam proses pembelajaran siswa kelas VII SMP negeri 2 Kalianget. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 2 (3), 36-43.

Published

28-04-2022

How to Cite

Pandu Rudy Widyatama, Aldila Novitasari, Agnes Sandri Diana Selek, Abil Wafa Almaulana, Reza Nur Alfiani Agustin, Siti Mahluk Attus Sholihak, Mia Fitria Nisa’Q, Natasha Bilqies Andriyani, Patrisia Karmenita Ngene, & Suyono. (2022). Pengembangan Aplikasi Teka-Teki Silang (TTS) Sebagai Alternatif Pembelajaran PPKn Kelas IX Pada Materi Lembaga-Lembaga Negara. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/p.v2i1.5457