Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract views: 2783DOI:
https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2753Keywords:
Project based learning, Motivasi, Sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Keboananom Sidoarjo, dengan menggunakan teknik cluster sampling yaitu kelas III-B sebagai kelas kontrol dan III-C sebagai kelas kontrol. kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial non parametrik dengan menggunakan SPSS. Hasil homogenitas penelitian diperoleh nilai sig 0,297> 0,05 yang artinya data homogen, uji normalitas pada kelas kontrol sig 0,04 <0,05 dan normalitas kelas eksperimen sig 0,02 <0,05, maka disimpulkan data tidak berdistribusi normal . Hasil uji hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 <0,05 sehingga H_O ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Keboan Anom Sidoarjo.
Downloads
References
Dangnga, Muhammad Siri., dan Abd. Muis. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makassar. SIBUKU Makassar
Dimyati, Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Fanani, Achmad. Bahauddin A., dan Dian K. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sekolah Dasar. Surabaya: Adi Buana University Press
Fatturohman, Muhammad. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Ibnu, Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum 2013. Jakarta: Prenadamedia Group
Kodir, Abdul. 2018. Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Bandung. CV. Pustaka Setia
Parwati, Ni Nyoman. I Putu P.S., dan Ratih A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Perkasa
Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). COVID-19 PANDEMIC: THE INFLUENCE OF FULL-ONLINE LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL IN RURAL AREAS. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 114–123.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaha Rosdakarya
Sudirman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Fitri, Hikmatul dkk. 2018. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Riset dan Konseptual, Vol 3 (2)
Insyasiska, Dewi dkk. 2015. “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi” Jurnal Pendidikan Biologi, Online, Vol 7 (1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.