Optimalisasi Karakter Mahasiswa Melalui Pendekatan Terintegrasi Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan

 Abstract views: 150

Authors

  • Visky Windri Aidil Putra Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Arum Porbowati Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Choiru Azha Ananda Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Ilham Hudi Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Togar Habincaran Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/p.v4i1.8946

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Mahasiswa

Abstract

Pendidikan karakter telah menjadi perhatian utama dalam mengembangkan kepribadian yang berkualitas dan memberikan dampak positif pada masyarakat di Indonesia. Artikel ini membahas penelitian yang mengeksplorasi penerapan pendidikan karakter pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Muhammadiyah Riau. Metode studi literatur dipakai dalam studi ini dengan metode kualitatif yang melibatkan tanya jawab dan observasi terhadap dosen dan mahasiswa. Hasil studi menjelaskan bahwa pendidikan karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter mahasiswa, terutama melalui metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi tanya jawab, dan presentasi makalah. Metode ceramah memberikan pemahaman mendalam tentang nilai moral, sementara diskusi memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Presentasi makalah tidak hanya melatih keterampilan komunikasi, tetapi juga membentuk karakter yang kokoh dan berani. Dengan demikian, pendidikan karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai potensi besar untuk menghasilkan generasi yang memiliki nilai-nilai moralitas dan persahabatan yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Visky Windri Aidil Putra, Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Mahasiswa

Arum Porbowati, Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Mahasiswa

Choiru Azha Ananda, Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Mahasiswa

Ilham Hudi, Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Mahasiswa

Togar Habincaran, Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Mahasiswa

References

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304.

Anisah, N. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPSDENGAN METODE DISKUSI TERBIMBING DAN TANYA JAWAB MELALUI ALAT PERAGA GAMBAR PAHLAWAN PADA SISWA KELAS V. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2, 92–102. https://www.jurnalp4i.com/index.php/social/article/view/1458/1421 DOI: https://doi.org/10.51878/social.v2i2.1458

Bukoting, S. (2023). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Urnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3, 70–82. DOI: https://doi.org/10.51878/educator.v3i2.2389

Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI. In Jurnal Edueksos: Vol. IX (Issue 1). https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/edueksos/article/view/6144/3012 DOI: https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6144

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI PERSEKOLAHAN. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka/article/view/2465/1604 DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465

Dimara, I. D., & Sahetapy, J. (2023). Peran Pendidikan Karakter dalam membentuk Kepribadian Positif bagi Mahasiswabagi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4, 489–498. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/750/329

Efifani Krismitha Saroro. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan), 1(1), 65–74. https://doi.org/10.56721/shr.v1i1.123

Fadila, R., Herdiansyah, P., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7176–7181. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2108/1859

Firdaus, U. U. C., & Ahadah, A. M. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa Di Kelurahan Dukuh Menanggal Surabaya Tahun 2021. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 107-116. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pacivic/article/view/6912 DOI: https://doi.org/10.36456/p.v2i2.6912

Fitriani, D., & Dewi, A. D. (2021). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Kewarganegaraan, 5, 489–499. DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1840

Gunawan, R. Z., Fatma, &, & Najicha, U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Moral Pelajar Di Era Modern. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 422–427.

Isnaini, M., Bidin, I., Wahyu Susanto, B., Hudi, I., Al Azhar Pekanbaru, S., Ahmad Dahlan, J. K., Kunci, K., & Karakter, P. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT. Journal on Education, 05(04), 11539–11546. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2101/1742

Mamelio, A., Idris, M., & Dedy, A. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK SDN 1 UJUNG TANJUNG. Jurnal Ilmu Kependidikan, 19, 31–37. DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4645

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Nanggala, A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354 DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rini, N. D. A. (2022). Implementasi Nilai-nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Seminar Gabungan Bidang Sosial-Polinema, 164–168.

Safitri, D., Zen, Marsiyah, & Santoso, G. (2022). Integrasi Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1, 137–145. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/404/253

Saroro, K. E., & Setyawan, A. (2022). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan, 1, 65–74. https://jurnal.amalinsani.org/index.php/sehran/article/view/123/128 DOI: https://doi.org/10.56721/shr.v1i1.123

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1983 DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1983

Widyatama, P. R., Trianus, J., & Utami, S. (2024). Diffusion of Innovation: Application of Interactive Learning Media in PPKn Subjects in Junior High School. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 9(1), 46-57. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/13104

Z, M. F., D Pentingnya, D. A., Fikri Zulfikar, M., & Anggraeni Dewi, D. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA (Vol. 6, Issue 1). http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/1171/918

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171 DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171

Published

28-04-2024

How to Cite

Visky Windri Aidil Putra, Arum Porbowati, Choiru Azha Ananda, Ilham Hudi, & Togar Habincaran. (2024). Optimalisasi Karakter Mahasiswa Melalui Pendekatan Terintegrasi Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/p.v4i1.8946