Optimalisasi Karakter Mahasiswa Melalui Pendekatan Terintegrasi Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan

DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v4i1.8946
Keywords:
Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, MahasiswaAbstract
Pendidikan karakter telah menjadi perhatian utama dalam mengembangkan kepribadian yang berkualitas dan memberikan dampak positif pada masyarakat di Indonesia. Artikel ini membahas penelitian yang mengeksplorasi penerapan pendidikan karakter pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Muhammadiyah Riau. Metode studi literatur dipakai dalam studi ini dengan metode kualitatif yang melibatkan tanya jawab dan observasi terhadap dosen dan mahasiswa. Hasil studi menjelaskan bahwa pendidikan karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter mahasiswa, terutama melalui metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi tanya jawab, dan presentasi makalah. Metode ceramah memberikan pemahaman mendalam tentang nilai moral, sementara diskusi memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Presentasi makalah tidak hanya melatih keterampilan komunikasi, tetapi juga membentuk karakter yang kokoh dan berani. Dengan demikian, pendidikan karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai potensi besar untuk menghasilkan generasi yang memiliki nilai-nilai moralitas dan persahabatan yang tinggi.
Downloads
References
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304.
Anisah, N. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPSDENGAN METODE DISKUSI TERBIMBING DAN TANYA JAWAB MELALUI ALAT PERAGA GAMBAR PAHLAWAN PADA SISWA KELAS V. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2, 92–102. https://www.jurnalp4i.com/index.php/social/article/view/1458/1421 DOI: https://doi.org/10.51878/social.v2i2.1458
Bukoting, S. (2023). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Urnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3, 70–82. DOI: https://doi.org/10.51878/educator.v3i2.2389
Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI. In Jurnal Edueksos: Vol. IX (Issue 1). https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/edueksos/article/view/6144/3012 DOI: https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6144
Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI PERSEKOLAHAN. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka/article/view/2465/1604 DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465
Dimara, I. D., & Sahetapy, J. (2023). Peran Pendidikan Karakter dalam membentuk Kepribadian Positif bagi Mahasiswabagi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4, 489–498. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/750/329
Efifani Krismitha Saroro. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan), 1(1), 65–74. https://doi.org/10.56721/shr.v1i1.123
Fadila, R., Herdiansyah, P., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7176–7181. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2108/1859
Firdaus, U. U. C., & Ahadah, A. M. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa Di Kelurahan Dukuh Menanggal Surabaya Tahun 2021. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 107-116. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pacivic/article/view/6912 DOI: https://doi.org/10.36456/p.v2i2.6912
Fitriani, D., & Dewi, A. D. (2021). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Kewarganegaraan, 5, 489–499. DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1840
Gunawan, R. Z., Fatma, &, & Najicha, U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Moral Pelajar Di Era Modern. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 422–427.
Isnaini, M., Bidin, I., Wahyu Susanto, B., Hudi, I., Al Azhar Pekanbaru, S., Ahmad Dahlan, J. K., Kunci, K., & Karakter, P. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT. Journal on Education, 05(04), 11539–11546. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2101/1742
Mamelio, A., Idris, M., & Dedy, A. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK SDN 1 UJUNG TANJUNG. Jurnal Ilmu Kependidikan, 19, 31–37. DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4645
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Nanggala, A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354 DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rini, N. D. A. (2022). Implementasi Nilai-nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Seminar Gabungan Bidang Sosial-Polinema, 164–168.
Safitri, D., Zen, Marsiyah, & Santoso, G. (2022). Integrasi Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1, 137–145. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/404/253
Saroro, K. E., & Setyawan, A. (2022). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan, 1, 65–74. https://jurnal.amalinsani.org/index.php/sehran/article/view/123/128 DOI: https://doi.org/10.56721/shr.v1i1.123
Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1983 DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1983
Widyatama, P. R., Trianus, J., & Utami, S. (2024). Diffusion of Innovation: Application of Interactive Learning Media in PPKn Subjects in Junior High School. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 9(1), 46-57. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/13104
Z, M. F., D Pentingnya, D. A., Fikri Zulfikar, M., & Anggraeni Dewi, D. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA (Vol. 6, Issue 1). http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/1171/918
Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171 DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Visky Windri Aidil Putra, Arum Porbowati, Choiru Azha Ananda, Ilham Hudi, Togar Habincaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education