PENGEMBANGAN INSTRUMEN NOTES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN AFEKTIF MAHASISWA DALAM KURIKULUM KKNI ( DEVELOPMENT OF NON TEST INSTRUMENTS TO MEASURING STUDENT AFFECTED ABILITY IN CURRICULUM KKNI)

 Abstract views: 464

Authors

  • Hartono Hartono
  • Jamilah Jamilah
  • Dona Fitriawan

DOI:

https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v7i1:.663

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan mendeskripsikan pengembangan instrumen nontes untuk mengukur kemampuan afektif mahasiswa dalam kurikulum KKNI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan model pengembangan menggunakan P4TK yaitu spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, sistem penskoran, telaah instrumen, merakit instrumen, uji coba instrumen, analisis hasil uji coba, perbaikan instrumen. Hasi penelitian diperoleh 1) Kisi-kisi penyusunan instrumen nontes untuk mengukur kemampuan afektif mahasiswa dalam kurikulum KKNI dalam penelitian ini telah cukup valid dan reliabel; 2) Hasil validitas instrumen nontes untuk mengukur kemampuan afektif mahasiswa dalam kurikulum KKNI telah memenuhi persyaratan; 3) Reliabilitas intrumen nontes untuk mengukur kemampuan afektif mahasiswa dalam kurikulum KKNI hasilnya tinggi dan instrumen layak untuk digunakan; 4) Hasil uji coba penggunaan instrumen nontes untuk mengukur kemampuan afektif mahasiswa dalam kurikulum KKNI diperoleh pada masing-masing soal yang berjumlah 15 semua hasilnya baik. Kata kunci: Instrumen Nontes, Kemampuan Afektif Mahasiswa, Kurikulum KKNI Abstract This research aimed to describe the development of nontest instrument to measure students' affective ability in KKNI curriculum. The research method used is descriptive method with development model using P4TK that is instrument specification, instrument writing, instrument scale, scoring system, instrument study, instrument assembling, instrument test, test result analysis, instrument improvement. The result of research is 1) Nontes instrument preparation grid to measure student affective ability in KKNI curriculum in this research has been quite valid and reliable; 2) The result of validity of nontest instrument to measure student affective ability in KKNI curriculum has fulfilled the requirement; 3) Nontest intruments reliability to measure students' affective ability in high quality KKNI curriculum and appropriate instruments for use; 4) The test result of the use of nontest instrument to measure affective ability of students in KKNI curriculum is obtained on each of the 15 questions all good results. Keywords: Non test instrument, Student affective Ability, Curriculum KKNI

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. 2015. Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB pada Mata Pelajaran IPS di SDN 002 Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 4, no.2, hlm. 153-164.

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. 2009. Perbedaan Hasil Belajar antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal PTM. Vol. 9, no.2, hlm. 71-79.

Musriliani, C., Marwan, & Anshari, B.I. 2015. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 2, no.2, hlm. 49-58.

Purwanti, K.L. 2009. Perbedaan Gender terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan pada Siswa Kelas I. Sawwa. Vol. 9, no.1, hlm. 108-122.

Rahmat, A. 2010. Efektifitas Metode Diskusi dan Ceramah dalam Meningkatkan Motivasi Beragama pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas IX di SMP 03 dan SMP 07 Kota Gorontalo. Jurnal Dakwah. Vol. XI, no.1, hlm. 67-87.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2015. Pedoman Operasional Tahun Akademik 2015/2016. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Tirtarahardja, U & Sulo, S.L.L. 2015. Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mathematics Education (JRAMathEdu) Vol. 1, No. 2, 90-98, July 2016

Published

26-06-2017

How to Cite

Hartono, H., Jamilah, J., & Fitriawan, D. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN NOTES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN AFEKTIF MAHASISWA DALAM KURIKULUM KKNI ( DEVELOPMENT OF NON TEST INSTRUMENTS TO MEASURING STUDENT AFFECTED ABILITY IN CURRICULUM KKNI). Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 33–39. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v7i1:.663

Issue

Section

Artikel