AUTHOR GUIDELINES

  1. Naskah penelitian adalah naskah original yang ditulis langsung oleh penulis dimana notasi angka 1 (superscript) menunjukkan ketua atau peneliti utama. Sementara angka 2 dan 3 (superscript) menunjukkan anggota peneliti. Perlu diketahui bahwa jumlah maksimal penulis naskah penelitian adalah 4 orang.
  2. Naskah penelitian harus menggunakan bahasa Indonesia baku dan sesuai dengan EYD terbaru. Hindari menggunakan istilah yang tidak umum, bahasa daerah, kalimat atau kata dengan makna konotasi, singkatan tidak umum, maupun penyingkatan pada kata dalam kalimat. Penggunaan kata-kata asing haruslah dicetak miring.
  3. Tulisan didalam naskah haruslah didukung dengan sumber eksternal yang diakui, diantaranya (1) litaratur buku terkini, (2) jurnal ter-publish, (3) jurnal tidak ter-publish(proceeding), (4) naskah penelitian institusi (skripsi, thesis, dan disertasi), maupun (5) sumber regulasi, paten, maupun hak cipta. Naskah dilengkapi dengan penulisan sitasi yang terstandar APA, disarankan penulis menggunakan aplikasi Mendeley dan Endnote dalam menyusun sitasi.
  4. Perkaya artikel dengan tampilan tabel, grafik, maupun diagram. Beri judul dan penomeran pada tabel, grafik, maupun diagram yang anda letakkan dalam naskah. Silahkan merujuk pada pada panduan penulisan untuk lebih detail. Tidak ada batasan dalam berapa jumlah tabel, grafik, maupun diagram.
  5. Naskah (manuscript) harus disetting menggunakan kertas A4 (standard word format) dengan jumlah halaman sekurang-kurangnya 8 halaman dan maksimal 20 halaman. Full paperditulis dalam bahasa Indonesia terkecuali abstrak menggunakan bilingual. Full paper usahakan telah di cross-check, dikoreksi, dan diedit sehingga naskah (manuscript) bebas dari typo dan lainnya.
  6. Isi dari naskah (manuscript) harus mengikuti aturan penulisan sebagai berikut (1) PENDAHULUAN (2) METODE PENELITIAN (4) HASIL DAN PEMBAHASAN (3) KESIMPULAN (4) DAFTAR PUSTAKA