Model Strategi Bisnis UMKM Tembakau di Jawa Timur Berdasarkan Jiwa Enterpreneurship dan Faktor Eksternal Perusahaan
Abstract views: 65DOI:
https://doi.org/10.36456/majeko.vol29.no1.a9061Keywords:
Orientasi Enterpreneur, Pengaruh Luar Perusahaan, Strategi Bisnis, UMKM TembakauAbstract
Indonesia memiliki konsumen rokok sebesar 28,6% dari jumlah populasi masyarakat Indonesia. Sehingga rokok menjadi komoditi penyumbang pendapatan negara dan disisi lain memiliki dampak tidak baik untuk kesehatan masyarakat. Untuk menekan dampak buruk rokok pemerintah Indonesia meningkatkan cukai dan pajak rokok sehingga harga rokok perbungkus menjadi naik. Dengan harga rokok terus naik sehingga daya beli masyarakat menurun ini menyebabkan seluruh rantai pasok industri rokok turun secara perlahan. Kebijakan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi salah satunya adalah mencanakan ekonomi kerakyatan ekonomi kerakyatan yaitu berangkat dari ide-ide kreatif rakyat dalam mengembangkan perekonomian yang didukung oleh negara dari konsep ekonomi kerakyatan industri rokok dapat dijalankan dalam skala UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Orientasi Enterpreneur dan Pengaruh Luar Perusahaan terhadap Strategi Bisnis dalam usaha komoditas tembakau. Hasil analisis dengan metode korelasi Pearson dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data pada penelitian ini bahwa Strategi Bisnis dipengaruhi oleh orientasi enterpreneur dan Pengaruh Luar Perusahaan. Orientasi Enterpreneur dan Pengaruh Luar Perusahaan harus diasah dan terus ditingkatkan agar berdampak signifikan terhadap kekuatan strategi bisnis tembakau yang inovatif.
Downloads
References
Abu-Rumman, A., Al Shraah, A., Al-Madi, F., & Alfalah, T. (2020). Entrepreneurial Networks, Entrepreneurial Orientation, and Performance of Small and Medium Enterprises: Are Dynamic Capabilities the Missing Link? doi: 10.21203/rs.3.rs-129772/v1
Ahmad, S., Ishak, S., Ishak, K. A., Dan, R. Bin, Jafri, R., & Park, J. (2017). Business strategy and performance of logistics companies in Malaysia. International Journal of Economic Research, 14(19), 179–190.
du Plessis, A., Phasinsaksith, S., & Sukumaran, S. (2014). Perceptions on Business Strategy of Small and Medium-Sized Enterprises. Paper delivered at the Auckland, New Zealand. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:55700512
Eaton, D., & Kilby, G. (2015). Does your organizational culture support your business strategy? The Journal for Quality and Participation, 37(4), 4.
Hitt, M., Ireland, R., & Hoskisson, R. (2013). Strategic Management: Competitiveness and Globalization.
Hutahayan, B. (2019). Factors affecting the performance of Indonesian special food SMEs in entrepreneurial orientation in East Java. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, ahead-of-print. doi: 10.1108/APJIE-09-2018-0053
Indriyati, S. (2013). Pengaruh Hasil Produksi Rokok dan Tarif Cukai Rokok Terhadap Kinerja Penerimaan Bea dan Cukai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ivančić, V., Mencer, I., Jelenc, L., & Dulčić, Ž. (2017). Strategy Implementation - External Environment Alignment. 22, 51–67.
Jiang, X., Yang, Y., Pei, Y.-L., & Wang, G. (2014). Entrepreneurial Orientation, Strategic Alliances, and Firm Performance: Inside the Black Box. Long Range Planning, 49. doi: 10.1016/j.lrp.2014.09.003
Johan Gunady Ony, A. S. S. A. W. (2021). Family Business Control, Strategy Selection and Strategic Performance Measurement Usage. Jurnal Akuntansi, 25(1), 138. doi: 10.24912/ja.v25i1.729
Kramer, E., Ahsan, A., & Rees, V. W. (2023). Policy incoherence and tobacco control in Indonesia: An analysis of the national tobacco-related policy mix. Tobacco Control, 32(4), 410–417. doi: 10.1136/tobaccocontrol-2021-056633
Pulka, B. M., Ramli, A., & Mohamad, A. (2021). Entrepreneurial competencies, entrepreneurial orientation, entrepreneurial network, government business support and SMEs performance. The moderating role of the external environment. Journal of Small Business and Enterprise Development, 28(4), 586–618. doi: 10.1108/JSBED-12-2018-0390
Shan, P., Song, M., & Ju, X. (2016). Entrepreneurial orientation and performance: Is innovation speed a missing link? Journal of Business Research, 69(2). doi: 10.1016/j.jbusres.2015.08.032
Vishal, G. (2015). Construction of Entrepreneurial Orientation: Dispute, Demand, and Dare. New England Journal of Entrepreneurship, 18, 87–89. doi: 10.1108/NEJE-18-01-2015-B006
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability. Pearson Prentice Hall. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=EFdOtwAACAAJ