STRATEGI PENYUSUNAN MODUL AJAR LISTENING-SPEAKING BERBASIS PROYEK DALAM KURIKULUM MERDEKA

 Abstract views: 447

Authors

  • Fajar Susanto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rahmad Hidayat Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Endang M. Rahayu Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hertiki Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Armelia Nungki Nurbani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dzul Kamalil Qorihah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7792

Keywords:

berbicara, menyimak, modul ajar, pembelajaran berbasis projek

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan Modul Ajar berbasiskan proyek untuk mata pelajaran bahasa Inggris terutama keahlian menyimak (listening) dan berbicara (speaking) bagi guru SMA di wilayah kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Modul ajar berbasiskan proyek menjadi pilihan tepat karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah kesesuaian dengan Kurikulum Merdeka. Sementara kemampuan menyusun dan mengembangkan Modul Ajar bagi para guru memerlukan peningkatan terlebih di era teknologi dan kecerdasan buatan pada saat ini. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pelaksanaan berupa bimbingan teknis. Data diperoleh dari observasi selama pelaksanaan kegiatan pelatihan, bimbingan teknis serta dokumen hasil Modul Ajar oleh para guru sebagai peserta yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris tingkat SMA di wilayah Sidoarjo. Melalui metode Bimbingan Teknis, strategi yang dilakukan berfokus pada penguatan penusunan Modul Ajar dan beberapa guru telah berhasil membuat Modul Ajar berbasiskan proyek. Namun, kesinambungan bimbingan teknis perlu dijaga untuk meningkatan kualitas Modul Ajar sehingga ke depan dapat dicapai perangkat pembelajaran yang makin inovatif sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azman, Norzaini & Ling Kor Shin. (2012). Problem-based Learning in English for a Second Language Classroom: Students’ Perspectives. The International Journal of Learning Volume 18, Issue 6, 2012, http://www.Learning-Journal.com , ISSN 1447-9494 .

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Teknik Belajar dengan Modul. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fragoulis, Iosif. (2009). Project-Based Learning in the Teaching of English as A Foreign Language in Greek Primary Schools: From Theory to Practice. English Language Teaching September, 2009. Vol. 2, No. 3.

McCaffrey, D. F., Lockwood, J. R., Koretz, D. M., & Hamilton, L. S. (2004). Evaluating Value-Added Models for Teacher Accountability. RAND Corporation. Retrieved from http://www.questia.com/PM.qst?a=o&se=gglsc&d=102693148

Rivkin, S. G., Hanushek, E. A., & Kain, J. F. (2005). Teachers,School,and Academic Achievement. Econometrica, 73(2), 417–458.

Rowan, B., Correnti, R., & Miller, R. J. (2002). What large-scale, survey research tells us about teacher effects on student achievement: Insights from the prospects study of elementary schools. Teachers College Record, 104(8), 1525–1567. https://doi.org/10.1111/1467-9620.00212

Larmer, John, John Megerdoller, Suzie Boss. (2015). Setting the Standard for Project Based Learning. A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction. ASCD. USA.

Latupono, Fadila & Renata C.G.V. Nikujuluw. (2022). The Importance of Teaching Listening Strategies in English Language Context. MATAI: International Journal of Language Education. Vol 3 No 1.

Nasution. (2011). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, dkk. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Depdiknas.

Riadi, Muchlisin. (2022). Penyusunan Modul Pembelajaran. Diakses pada 5/6/2023, dari https://www.kajianpustaka.com/2022/02/modul-pembelajaran.html

Richards, Jack C. (2003). Current Trends in Teaching Listening and Speaking. Laguage Teaching Journal. Vol 27.

Sabina, Zulfugarova. (2018). The Importance Of Teaching Listening And Speaking Skills. 6(34), Vol.7, June 2018. https://doi.org/10.31435/rsglobal_ws/12062018/5881

Setiyadi., Wahyu, M., Ismail., & Hamsu. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology.

Sutomo, Ngadiso, Teguh Sarosa & Muh. Asrori. (2020). Project-Based Learning for Teaching English in SMA. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Series Volume Number 534 Proceedings of the 5th International Conference on Arts Language and Culture (ICALC)

Winkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

##section.default.title##