PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANO

Authors

  • Prihono Prihono FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA Author
  • Resdwyatma Migrihani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.36456/waktu.v16i1.1446

Keywords:

Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Metode Kano.

Abstract

Sepeda motor sebagai alat transportasi yang menunjang kebutuhan aktifitas manusia, kini beralih fungsi menjadi gaya hidup yang mengikuti arus perkembangan zaman. Meningkatnya permintaan pembelian sepeda motor dipengaruhi juga oleh perilaku konsumen berdasarkan pengaruh pribadi, karakteristik budaya, sosial dan psikologi saat menentukan pembelian sepeda motor. Berdasarkan kondisi tersebut, maka diperlukan suatu studi yang bertujuan untuk mengetahui tingkat dari kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor, pengkajian studi pada penelitian ini menggunakan metode kano model, kano model bertujuan untuk mengkategorikan dan memetakan beberapa atribut dari produk ataupun jasa berdasarkan kemampuan produk tersebut dapat memuaskan kebutuhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apa yang disukai konsumen atau pengguna sepeda motor yang didasarkan pada metode kano dan kepentingan atau harapan konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor yang didasarkan oleh pengkategorian pada metode kano. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, nilai kepuasan (ES) dari atribut kuesioner yang berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen sepeda motor adalah: Sepeda motor hemat bahan bakar serta karakteristik dan Harga sepeda motor menempati kepuasan mencapai angka 68% jika terpenuhi.

References

Berger, C., Blauth, R., Boger, D., Bolster, C., Burchill, G., DuMouchel, W., dan Walden, D., (1993), “Kano’s Methods For Understanding Customer-defined Qualityâ€. Center For Quality Management Journal, 2(4), 3-36.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer Behaviour. The Dryden Press. https://doi.org/10.1287/isre.2016.0674

Kano. (1984). Attractive Quality and Must Be Quality. J Japanese Society Qual. Control, 14 : 39 – 38.

Kotler, Philip dan Kevin. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Mont, Oksana dan Plepys, A. (2003). Customer Satisfaction: Review of Literature and Application to the Product-Service Systems. Universitas Lund. Scandinavian. Swedia.

Nofirza, Kus Indrayani. (2011). Analisis Metode Kano Dalam Analisis Indikator Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Arifin Ahmad Pekan Baru. Jurnal Sains, Teknologi, dan Industri. Teknik Industri UIN SUSKA Riau.

Prihono & Nurcahyanie Yunia Dwie. (2017). Pengembangan Model Quality Function Deployment Berbasis Fuzzy Kano Untuk Jasa Layanan Transportasi Umum Bagi Penyandang Cacat. Vol. 15 No. 1 hal 21-29. Jurnal Teknik Waktu. Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya.

Putera, R.R., & Negoro, N.P. (2013). Penerapan Kano Model Dalam Proses Pengambilan Keputusan Penyediaan Fasilitas Dan Alternatif Investasi Bisnis Rumah Kost (Studi Kasus Bisnis Rumah Kost Di Kawasan Kampus ITS Sukolilo). Jurusan Teknik Industri. Institut Teknologi Surabaya Surabaya

Ruyatnasih, Lestari, D., Hasbulah, R. (2013). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat. Jurnal Manajemen Vol. 10 No.3 hal. 1094-1105. Fakultas Ekonomi UNSIKA. Karawang.

Rianse U, Abdi. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Teori dan Aplikasi). Alfabeta. Bandung.

Schiffman & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Prentice Hall. Jakarta.

Shen D. (1992). Developing and Administering Questionnaires. Center for Quality of Management Journal. Vol 2. No 4. Page : 5 – 8.

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Graha Ilmu. Yogyakarta.

Setiadi, Nugroho. (2010). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keingina Konsumen. Kencana Prenada Media, Jakarta.

Sauerwein E, Bailom F, Matzler K, Hinterhuber HH. (1996). The Model: How To Delight Your Customers. International Working Seminar on Production Economics. hlm: 313-327.

Published

2018-03-02

How to Cite

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANO. (2018). WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 16(1), 49-61. https://doi.org/10.36456/waktu.v16i1.1446